Selametan Buka Giling Pabrik Gula "Pesantren Baru" - Kediri

Panti asuhan Kristen Tribakti (saat ini aku menjadi wakil untuk meghadiri---undangan jam 07.30, 30 April 2010----Pabrik Gula Pesantren Baru..---berangkat..??? )

Ok, jam agak telat waktu kita berangkat menuju alamat tertuju di undangan. sampe di tujuan,,,,simpang lima arah lurus,,,hmmm gak terlalu hafal tempatnya,,yang kutahu sampe.
Acaranya nampak sudah dimulai,,tamu undangan juga karyawan dan karyawati pabrik gula  Kediri (PG) duduk memenuhi kursi tersedia>>>cari tempat duduk di blkang za,,ah..
Sekilas PG :
Menrut versi kami (p.a. k Tribakti)>> adalah donatur tahunan yang selalu berbagi berkat. Kami selalu mendapat prioritas ketika ada acara atau santunan berupa apapun.,(ehem,,,ehem.)

Well,,Banner panggung bertuliskan tema : mitra agribisnis berwawasan lingkungan dengan skill dan etos kerja unggul seutuhnya berbasis tebu.

Senda gurau tamu yang hadir sesaat muncul ketika ada pementasan penyayi lokal yang menyanyikan lagunya Firman berjudul "Kehilangan">> boleh juga untuk mengisi waktu sebelum acara di mulai....

Hmm..tapi sudah jam 8.30...rasanya keterlambatan kami jadi tdk begitu penting, la...laa....


Baiklah hadirin yang kami hormati..............>>> MC mulai membuka acara, oh tadi itu acara lomba Idol bagi para karyawan/wati PG tho...

Allright, acara pertama pembukaan, salam untuk para petinggi daerah yang hadir juga para pimpinan PG disebutkan satu-persatu oleh MC....
Selanjutnya sesuatu yang sakral (menurut penuturan MC) yaitu upacara TEBU MANTEN....(---) sejak pindah ke rumah suami,,heheh jarang rasanya melihat pertunjukan tradisi ---eh pernah lho,,,karnaval agustusan pasti ada pementasan pakaina adat juga iringan kuda lumping...Lanjut***>>Upc ini secara simbolis merupakan keinginan dan doa para petani tebu kepada Tuhan Yang Maha Kuasa agar bibit tebu yang ditanam dan hasil panennya memuaskan.....“ Intinya acara ini adalah untuk meminta berkah kepada yang Maha Kuasa, agar dalam proses giling tebu di PG  berjalan lancar dan semua orang yang terlibat selamat. 
Ada 10-11 batang tebu di arak dengan iringan gamelan (.....) masuk menuju panggung setelah berarak dari tempat giling angkut melewati jalan pedesaan. Bapak pimpinan dan staf menjadi pemegang tebu arak2an yang setiap tebu memiliki nomor dan jenis bibit berbeda.

Berbicara tentang bula giling tebu di PG Meritjan ini akan diselenggarakan mulai tanggal 8 Mei 2010. Wah sebentar lagi dong Pak?? Nah, untuk menyambut pekerjaan "berat" ini, ada hiburan yang akan diadakan> Ludruk 28 April, Wayang Kulit tgl 30 April, Wayang Jaranan, Barongsai tgl 29 April....Hmmmm waktunya kok mepet sih Pak,, apa saya yang baru tahu yuA;;;;;Selain kegiatan hiburan untuk masyarakat, akan diadakan juga kegiatan donor darah, kerohanian, olahraga dan mancing bagi karyawan/wati...(tentu saja ini refreshing sebelum mengadakan kerja berat selama 6-8 bulan ke depan) Siiiip, Pak. Setuju!!!!
Tapi, harus diingat bagi semua: Pak Prayitno juga menyampaikan hal-hal yang menjadi kendala di tahun lalu agar tidak mengganggu proses di tahun ini, yaitu :
- ) Banyak hujan
- ) Tebu siap panen banyak di beli oleh distributor luar daerah
- ) Banyak penjual es Tebu yang memborong hampir  7-8 rit tebu/hari.
Tentu saja ini menjadi kendala keberhasilan peningkatan jumlah giling tebu..
So,, pesennya beliau sih,,,bagi petani tebu yang disiplin yaaaaa......
Unutk peningkatan kesejahteraan karyawan/wati sendiri. Bayangkan jika karyawan yg ada 1200 org, berapa jumlah keluarga masing-masing yang menggantungkan hidupnya pada hasil upahan di PG Meritjan ini....tentu jika hasil menurun, pendapatan menurun kan?? heheheh...
- ) Gak ketinggalan pajak..(yaaaa,,,,maslaah yang rumit ya PAk)Tidak perlu bingung dan takut, tahun ini harga gula naik kok, dan redumennya juga dinaikkan (entah apa artinya....**) yang jelas itu yang disampaikan Pak Macan Putih (Pak Walikota Samsul Azhar) untuk memberi semangat kepada para petani tebu agar giat. Yel-yel yang dikumandangkan PAk ADM ..Ir. H. Moch. Sulton, MM... sebelumnya menambah semarak dan semangat para petani tebu yang siap dengna kegiatan Buka Giling-nya...Sukses!!!!

woooowwww......ini dia acara yang ditunggu...."penyerahan santunan kepada masyakat dan panti di sekitar PG Pesantren Baru Kediri"

PAnti asuhan Kristen Tribakti adalan salah satu dari beberapa panti nasrai yang menerima bantuan sebagai bukti kasih dan kepedulian PG terhadap sesama. Secara tidak langsung juga merupakan permohonan bantuan doa bagi kesuksessan acara buka giling tahun 2010 ini.
 Puji Tuhan.....Kiranya Tuhan memberkati semua karywan/wati yang terlibat dalam proses ini, diberikan kesehatan dan kekuatan, panennnya melimpah, tenaganya memadai, serta alat-alatnya menunjang. Sehingga kesejahteraan masyarakat dapat tercapai. Amin.

Selesai sudah acara yang diadakan di lapangan tenis Pesantren Baru, waktu baru menunjukkan pukul 10.00 WIB ketika saya dan suami saya slamaan dengan Ibu pemberi amplop (heheheh),,,
Terima aksih banyak, Tuhan memeberkati semua...



No comments:

Post a Comment

tinggalkan kesan anda untuk kami

Blog Archive